Cara Mengobati Jerawat Dengan Masker Alami Yang Bisa Anda Coba Sendiri Di Rumah

Jerawat menjadi masalah kulit yang sangat menyebalkan dan mengganggu penampilan. Jerawat biasanya berada didaerah area kulit wajah. Jerawat itu sendiri yaitu benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori maupun peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah dan darah.

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat diantaranya yaitu jerawat timbul karena bakteri P. Acne yang menyerang kulit wajah, minyak yang banyak pada area wajah sehingga menyebabkan tertutupnya pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat, hormon yang tidak seimbang, pola makan yang tidak sehat, dan masih banyak lagi penyebab timbulnya jerawat.

Oleh karena itu banyak orang mencari cara mengobati jerawat. Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan seperti produk-produk kecantikan untuk mengobati jerawat, salon-salon kecantikan yang menawarkan pengobatan jerawat dan lainnya.

Namun cara mengobati jerawat dengan bahan-bahan kimia akan sangat berbahaya jika dilakukan hingga jangka panjang. Untuk mengatisipasi produk-produk berbahaya lebih baik mengobati jerawat dengan cara yang alami.

Berikut ini ada beberapa cara mengobati jerawat dengan masker :

1. Masker buah alpukat dan madu

Buah alpukat dan madu menjadi bahan masker yang sangat cocok digunakan untuk mengobati jerawat di area wajah. Madu sejak dulu sudah terkenal dengan manfaat khasiatnya yang salah satunya yaitu memiliki fungsi untuk mengobati jerawat.

Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Dan sedangkan buah alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit dan membantu mengobati peradangan pada kulit.

Cara mengobati jerawat dengan alpukat dan madu :

– Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu ambil daging buang alpukat lalu masukan ke dalam wadah.
– Kemudian daging alpukat tadi dihaluskan dan tambahkan satu sendok makan madu, aduk hingga rata.
– Jika perlu tambahkan perasan buah lemon pada adonan buah alpukat dan madu yang sudah dihaluskan tadi.
– Aplikasikan adonan tadi sebagai masker pada wajah dengan rata selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan membilas dengan air hangat.

2. Cara mengobati jerawat dengan masker baking soda

Baking soda ternyata dapat dimanfaatkan untuk menetralkan keasaman pada kulit sehingga bakteri penyebab jerawat akan mudah mati. Selain itu baking soda memiliki manfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap minyak pada wajah sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Namun dalam penggunaan pasta masker baking soda yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya mengecek terlebih dahulu reaksi kulit. Hal ini dimaksudkan agar menghindari reaksi alergi atau infeksi pada kulit.

Caranya dengan mengoleskan sedikit pasta baking soda pada bagian wajah, jika aman dan tidak terdapat reaksi maka pasta baking soda dapat digunakan sebagai cara mengobati jerawat.

Cara membuat masker dengan baking soda untuk mengobati jerawat yaitu :

– Pertama-tama buatlah pasta baking soda dengan mencampur dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air, lalu aduk hingga merata.
– Oleskan pasta baking soda kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Masker lemon

Kandungan asam askorbat-L pada lemon dapat membantu mengatasi terjadinya peradangan pada kulit akibat jerawat. Selain itu lemon juga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat sehingga dapat menghilangkan jerawat dengan alami. Lemon juga dikenal sebagai pemutih wajah alami dan menghilangkan noda-noda hitam pada wajah.

Cara mengobati jerawat dengan masker lemon :

– Siapkan terlebih dahulu buah lemon, sebelum diperas tekan sedikit lemon, lalu potong menjadi dua bagian dan peras.
– Gunakan air perasan lemon untuk masker, dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit.
– Setelah didiamkan selama 15 menit bilas wajah dengan menggunakan air dingin kemudian keringkan wajah dengan handuk yang lembut.
– Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin.

4. Masker kulit jeruk

Ternyata saat ini dengan berkembangnya pengetahuan, kulit jeruk dapat memiliki manfaat. Vitamin C dan asam alpha hidroksi pada kulit jeruk dapat membantu mengobati jerawat. Kandungan yang ada pada kulit jeruk akan mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat serta mengangkat sel kulit mati.

Cara mengobati jerawat dengan kulit jeruk yaitu :

– Pertama-tama keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering.
– Setelah kulit jeruk kering kemudian haluskan hingga menjadi bubuk.
– Saat akan menggunakan bubuk jeruk sebagai masker cukup tambahkan air secukupnya hingga bubuk jeruk menjadi pasta.
– Oleskan pasta kulit jeruk ke wajah hingga rata. Kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Demikian informasi tentang cara mengobati jerawat, semoga cara-cara di atas dapat menjadi manfaat dan dapat diaplikasikan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.