Bagaimana Menghilangkan Jerawat? Berikut Bahan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

Mungkin banyak orang yang merasa bahwa jerawat adalah masalah kulit yang harus segera diatasi. Sebelum tahu tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat yang perlu diperhatikan pertama kali adalah bagaimana jerawat itu bisa muncul pada kulit.

Jerawat yaitu terjadinya peradangan pada kulit yang disebabkan oleh adanya sumbatan pada pori-pori karena sel-sel kulit mati atau juga dapat disebabkan karena bakteri. Oleh karena itu bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu bahan-bahan anti bakteri baik itu bahan alami maupun bahan kimia.

Menghilangkan jerawat dengan instan seperti menggunakan bahan kimia sebenarnya tidak dianjurkan karena justru akan mengakibatkan efek berbahaya untuk kesehatan tubuh, selain itu juga dapat membuat iritasi pada kulit.

Penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat sangat dianjurkan karena aman dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat lebih mudah didapat.

Bagaimana menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami? Berikut caranya :

1. Teh hijau

Cara menghilangkan jerawat yang pertama yaitu dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau sangat baik digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dengan cara dikonsumsi sebagai minuman atau dengan cara menyemprotkannya di wajah.

Cara pemakaian :

Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian keringkan. Lalu siapkan satu mangkuk berisi air, masukkan daun teh hijau ke dalam mangkok tersebut dan tunggu hingga mendidih. Selanjutnya diamkan sampai menjadi hangat tidak terlalu panas dan gunakan pada wajah, caranya bisa dengan disemprot maupun mengoleskannya dengan lembut pada wajah menggunakan kain atau kapas.

2. Alpukat dan madu

Banyak yang beranggapan bahwa buah alpukat dapat menyebabkan jerawat, namun hal ini belum terbukti apakah itu benar atau tidak. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah alpukat ini ternyata baik untuk menghilangkan jerawat. Apalagi jika ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.

Cara pemakaian :

Campurkan buah alpukat yang sudah matang dengan madu hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

3. Scub gula

Bagaimana menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu menggunakan scub gula. Manfaat gula putih yaitu berkhasiat untuk menghilangkan sel-sel kulit berlebih pada area wajah yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada wajah. Dengan mencampur gula, air bersih, madu dan minyak zaitun bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk menghilangkan jerawat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat scrub gula :

– 2 sendok makan gula putih
– Gula merah secukupnya
– 2 sendok teh minyak zaitun ekstra virgin
– 1 sendok makan garam laut kasar
– Kacang vanili secukupnya
– Ekstrak vanili murni secukupnya

Cara pemakaian :

Pertama-tama campurkan gula merah dengan gula tambahkan putih, lalu campur juga makan garam laut dan aduk hingga merata. Jika ingin menambahkan kacang vanili bisa mengupasnya terlebih dahulu dan mencampurkannya pada campuran tersebut.

Bila semua bahan sudah dicampur tambahkan minyak zaitun dan biarkan beberapa saat. Gunakan bahan tersebut sebagai scrub pada wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit dan bersihkan dengan air bersih setelahnya.

4. Oatmeal

Oatmeal ternyata memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat baik dari luar maupun dari dalam.

Cara pemakaian :

Pertama siapkan oatmeal seperti biasanya. Ketika masih panas tambahkan 2 sendok makan madu dan diamkan sesaat hingga dingin. Oleskan secara menyeluruh pada wajah terutama pada bagian-bagian yang berjerawat dan diamkan selama 20 atau 30 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan. Untuk menutup pori-pori basuh kembali wajah dengan menggunakan air dingin.

5. Kentang

Kentang kaya dengan kandungan sulfur, klorida, kalium dan fosfor yang sangat baik untuk wajah. Salah satunya yaitu menghilangkan jerawat yang membandel. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.

Cara pemakaian :

Pertama-tama siapkan kentang yang sudah dibersikan dan dikupas. Parut kentang tersebut hingga halus kemudian gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air. Diamkan selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat. Jika perlu jika sudah bersih bilas lagi wajah dengan air dingin yang berfungsi untuk menutup pori-pori.

6. Daun mint

Daun mint memiliki kandungan mentol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri pada jerawat. Daun Mint bisa membantu menghilangkan jerawat pada wajah dan juga dapat meredakan pembengkakan yang diakibatkan jerawat.

Cara pemakai :

Siapkan beberapa helai daun mint. Hancurkan terlebih dahulu daun mint menggunakan blender atau bisa ditumbuk sendiri. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan.

Oleskan pada wajah daun mint yang telah halus tadi. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin dan lakukan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Demikian informasi tentang bagaimana menghilangkan jerawat yang dapat dilakukan dan direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.